PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK SEMUA MAPEL



LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN KOOPERATIF (DISKUSI KELOMPOK KECIL) UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN
Bersama : Zulpikar Kh

 1.  STAD (STUDENT TEAMS ACHEIVEMEN  DIVISIONS)
Untuk semua bidang studi.
1.   Penyajian bahan.
2.   Bentuk tim dan belajar di tim mereka sendiri untuk menjawab kemungkinan-kemungkinan pertanyaan guru.
3.   Berikan kuis / pertanyaan-pertanyaan (anggota tim tidak saling membantu).
4.   Pertanyaan-pertanyaan di no 3 diulang bagi siswa yang tidak dapat menjawab untuk perbaikan skor.                
5.   Pengenalan tim. Guru menunjukkan pada seluruh kelas tim mana yang paling mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dan dikasi hadiah bila perlu.

2.   TGT (TEAM GAMES TOURNAMENTS)
Untuk semua bidang studi.                   
1.   Penyajian bahan.
2.   Sama dengan yang di STAD.
3.   Games. Yaitu model permainan. Salah satu wakil tim yang dianggap mampu ke depan kelas. Para wakil (boleh 3-4) diberi pertanyaan oleh guru. Pertanyaan guru boleh dijawab oleh wakil tim yang lain bila tidak menjawab. Permainan lain persiapan permainan. Selelah kartu diisi nomor lalu siswa yang ke depan mengambil nomor undian yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Siswa duduk di meja yang dikasi warna berbeda, misalnya kuning, hijau, merah dan lain-lain. Pertanyaan bisa dibacakan oleh seorang murid yang lain, selanjutnya siswa yang menang maju dengan peserta lain dan seterusnya.
4.   Pengenalan tim (sama dengan di STAD) Guru menunjukkan pada seluruh kelas tim mana yang paling mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dan dikasi hadiah bila perlu.

3.   JIGSAW (YANG PALING UMUM BAGI GURU-GURU)
Untuk semua bidang studi.
1.   Penyajian bahan-bahan.                    
2.   Bentuk tim dan siswa bekerja di tim mereka menjawab pertanyaan yang berbeda.       
3.   Bentuk tim ahli. Yang menjawab pertanyaan nomor 1 kumpul dengan yang menjawab pertanyaan nomor 1, begitu pula yang menjawab pertanyaan nomor 2 dan seterusnya.
4.   Setelah selesai kembali ke tim mereka masing-masing. Masing-masing orang memberitahu jawaban.
5.   Evaluasi.                    

4.   CO-OP CO-OP ( COOPERATIVE - COOPERATIVE)
Untuk sernua bidang studi.
1.   Diskusikan dengan siswa minat, keinginan siswa untuk mempelajari topik, pengalaman yang mereka miliki.
2.   Bentuk tim sesuai yang mereka inginkan.
3.   Tim memiliki lopik yang diinginkan.
4.   Tim membicarakan mini topik yang mana mau dibahas oleh masing-masing pribadi siswa dalam tim (pemilihan mini topik).
5.   Persiapan mini topik. Di sini siswa bekerja secara individu untuk memutuskan semua pertanyaan yang akan muncul terhadap mini topik tersebut.
6.   Presentasi mini topik. Masing-masing siswa berprestasi dihadapan anggota timnya terhadap hal-hal/bagian-bagian yang ditugaskan pada masing-masing siswa.
7.   Persiapan presentasi tim. Tim disiapkan untuk ke depan kelas untuk dilakukan dalam diskusi kelompok besar / diskusi kelas.
8.   Presentasi tim. Satu tim mengambil kontrol terhadap kelas.
9.   Evaluasi.
a.   Tampilan tim dievaluasi oleh kelas.
b.   Kontribusi individu untuk usaha tim dievaluasi oleh anggota.
c.   Presentasi mini topik oleh masing-masing siswa dievaluasi oleh guru.
10. Pengenalan tim. Guru menunjukkan pada seluruh kelas tim mana yang paling mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dan dikasi hadiah bila perlu

6.   CIRC   (COOPERATIVE   INTEGRATED   READING   AND COMPOSITION)
Untuk bidang studi Bahasa.
Siswa diupayakan belajar bergroup dalam aktivitas-aktivitis berikut, misalnya: kemampuan membaca dinilai oleh teamnya di group.
1.   Oral Reading.
-     Reading out aloud
2.   Reading comprehension skill.
3.   Writing and language art.
4.   Story - related activitis.
5.   Story grammar and story related writing.
6.   Words out loud.
7.   Word meaning.
8.   Spelling.
9.   Kira-kira setelah 3 x pertemuan dikasi tes.
10.             Direct instruction in reading comprehension. Guru selalu memberi instruksi yang tidak monoton, misal : disuruh identifying main ideas, atau understanding causal relations, atau making inferences, (menarik kesimpulan).
11.             Integrated language arts and writing.
12.             Independent reading and book reports.
13. Guru menunjukkan pada seluruh kelas tim mana yang paling mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dan dikasi hadiah bila perlu.

7. STRUSTURED DYADIC METHOD
Untuk bidang studi Bahasa.
A paioff students teach each other, they practice the language, they check, evaluate each other. Praktek berbicara berdua dengan dikasi topik bahasan atau topik dibebaskan apa saja boleh dipilih oleh kedua siswa yang berlatih berbicara.

8. GROUP INVESTIGATION/SMALL GROUP TEACHING
Untuk Ilmu Sosial.
1.   Materi.
2.   Bentuk team.
3.   Group diskusi.
4.   Group report.
5.   Peresentasi di depan kelas.
6.   Evaluasi.
7. Guru menunjukkan pada seluruh kelas tim mana yang paling mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dan dikasi hadiah bila perlu

9.   LEARNING TOGETHER
Untuk Matematika.
1.   Materi.
2.   Bentuk team
3.   Lembar kerja/assignment sheet.
4.   Presentasi.
5.   Assesment.                       

10. COMPLEX INSTRUCTION
Untuk Ilmu Sosial dan Bahasa.                        ,
1.   Pelaksanaan seperti pelaksanaan membuat proyek.

11. GROUP OF FOUR
Untuk semua bidang studi.
1.   Dibentuk kelompok masing-masing 4 orang.
2.   Pembahasan muteri yang diberikan guru.
3.   Penyimpulan.
4.   Pelaporan.

12. STRUCTURED DYADIC MATHOD
Untuk Bahasa.
1.   Dua orang murid diberikan tugas bercakap-cakap tentang satu lopik bahasan.
2.   Praktek berbicara.


Semua model di atas bisa diakhiri seperti TGT atau STAD melalui ,Pengenalan tim. Guru menunjukkan pada seluruh kelas tim mana yang paling mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dan diberikan  hadiah bila perlu.

Comments

  1. Sudah menjadi tugas seorang guru untuk cerdas memilih metode yang paling tepat....Keberhasilan sebuah proses pemebelajaran sedikit banyak tergantung kepada metode yang diterapkan guru yang bersangkutan.....CERDAS MEMILIH DAN CERDAS MELANGKAH....Bravo Guru Indonesia !!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MODUL 02 KELAS X-1 MASA PRA AKSARA/ PRASEJARAH (Bersama: Drs. Zulpikar Kh)

MODUL 3 SEJARAH (X-2) Asal Usul dan Persebaran Manusia di Kepulauan Indonesia (Origin and Dispersion of People in Indonesian Archipelago)

Sistem Tanam Paksa dan Dampaknya