PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK SEMUA MAPEL
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN KOOPERATIF (DISKUSI
KELOMPOK KECIL) UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN
Bersama : Zulpikar Kh
1. STAD (STUDENT TEAMS ACHEIVEMEN DIVISIONS)
Untuk semua bidang
studi.
1.
Penyajian bahan.
2. Bentuk
tim dan belajar di tim mereka sendiri untuk menjawab kemungkinan-kemungkinan pertanyaan
guru.
3. Berikan
kuis / pertanyaan-pertanyaan (anggota tim tidak saling membantu).
4.
Pertanyaan-pertanyaan di no 3 diulang bagi siswa yang tidak dapat menjawab
untuk perbaikan
skor.
5.
Pengenalan tim. Guru menunjukkan pada seluruh kelas tim mana yang paling mampu
menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dan dikasi hadiah bila perlu.
2. TGT (TEAM GAMES
TOURNAMENTS)
Untuk semua bidang
studi.
1.
Penyajian bahan.
2. Sama
dengan yang di STAD.
3. Games.
Yaitu model permainan. Salah satu wakil tim yang dianggap mampu ke depan kelas.
Para wakil (boleh 3-4) diberi pertanyaan oleh guru. Pertanyaan guru boleh
dijawab oleh wakil tim yang lain bila tidak menjawab.
Permainan lain persiapan permainan. Selelah kartu diisi nomor lalu siswa yang
ke depan mengambil nomor undian yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Siswa duduk
di meja yang dikasi warna berbeda, misalnya kuning, hijau, merah dan lain-lain.
Pertanyaan bisa dibacakan oleh seorang murid yang lain, selanjutnya siswa yang
menang maju dengan peserta lain dan seterusnya.
4.
Pengenalan tim (sama dengan di STAD) Guru menunjukkan pada seluruh kelas tim
mana yang paling mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dan dikasi hadiah
bila perlu.
3. JIGSAW
(YANG PALING UMUM BAGI GURU-GURU)
Untuk semua bidang
studi.
1.
Penyajian
bahan-bahan.
2. Bentuk
tim dan siswa bekerja di tim mereka menjawab pertanyaan yang
berbeda.
3. Bentuk
tim ahli. Yang menjawab pertanyaan nomor 1 kumpul dengan yang menjawab
pertanyaan nomor 1, begitu pula yang menjawab pertanyaan nomor 2 dan
seterusnya.
4. Setelah
selesai kembali ke tim mereka masing-masing. Masing-masing
orang memberitahu jawaban.
5.
Evaluasi.
4. CO-OP CO-OP (
COOPERATIVE - COOPERATIVE)
Untuk sernua bidang studi.
1. Diskusikan dengan
siswa minat, keinginan siswa untuk mempelajari topik, pengalaman yang mereka
miliki.
2. Bentuk
tim sesuai yang mereka inginkan.
3. Tim
memiliki lopik yang diinginkan.
4. Tim
membicarakan mini topik yang mana mau dibahas oleh masing-masing pribadi siswa
dalam tim (pemilihan mini topik).
5.
Persiapan mini topik. Di sini siswa bekerja secara individu untuk memutuskan
semua pertanyaan yang akan muncul terhadap mini topik tersebut.
6.
Presentasi mini topik. Masing-masing siswa berprestasi dihadapan anggota timnya
terhadap hal-hal/bagian-bagian yang ditugaskan pada masing-masing siswa.
7. Persiapan
presentasi tim. Tim disiapkan untuk ke depan kelas untuk dilakukan dalam
diskusi kelompok besar / diskusi kelas.
8.
Presentasi tim. Satu tim mengambil kontrol terhadap kelas.
9.
Evaluasi.
a. Tampilan
tim dievaluasi oleh kelas.
b. Kontribusi
individu untuk usaha tim dievaluasi oleh anggota.
c.
Presentasi mini topik oleh masing-masing siswa dievaluasi oleh guru.
10. Pengenalan tim.
Guru menunjukkan pada seluruh kelas tim mana yang paling mampu menjawab
pertanyaan-pertanyaan guru dan dikasi hadiah bila perlu
6. CIRC
(COOPERATIVE INTEGRATED READING AND
COMPOSITION)
Untuk bidang studi
Bahasa.
Siswa diupayakan
belajar bergroup dalam aktivitas-aktivitis berikut, misalnya: kemampuan membaca
dinilai oleh teamnya di group.
1. Oral Reading.
- Reading out aloud
2. Reading comprehension skill.
3. Writing and language art.
4. Story - related activitis.
5. Story grammar and story
related writing.
6. Words out loud.
7. Word meaning.
8.
Spelling.
9.
Kira-kira setelah 3 x pertemuan dikasi tes.
10.
Direct
instruction in reading comprehension. Guru selalu memberi instruksi yang tidak
monoton, misal : disuruh identifying main ideas, atau understanding causal
relations, atau making inferences, (menarik kesimpulan).
11.
Integrated
language arts and writing.
12.
Independent
reading and book reports.
13. Guru menunjukkan
pada seluruh kelas tim mana yang paling mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan
guru dan dikasi hadiah bila perlu.
7. STRUSTURED DYADIC METHOD
Untuk bidang studi Bahasa.
A paioff students teach each other,
they practice the language, they check, evaluate each other. Praktek berbicara
berdua dengan dikasi topik bahasan atau topik dibebaskan apa saja boleh dipilih
oleh kedua siswa yang berlatih berbicara.
8. GROUP INVESTIGATION/SMALL GROUP
TEACHING
Untuk Ilmu Sosial.
1. Materi.
2. Bentuk team.
3. Group diskusi.
4. Group report.
5.
Peresentasi di depan kelas.
6.
Evaluasi.
7. Guru menunjukkan
pada seluruh kelas tim mana yang paling mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan
guru dan dikasi hadiah bila perlu
9. LEARNING TOGETHER
Untuk Matematika.
1. Materi.
2. Bentuk
team
3. Lembar
kerja/assignment sheet.
4.
Presentasi.
5.
Assesment.
10. COMPLEX INSTRUCTION
Untuk Ilmu Sosial
dan
Bahasa.
,
1.
Pelaksanaan seperti pelaksanaan membuat proyek.
11. GROUP OF FOUR
Untuk semua bidang
studi.
1. Dibentuk
kelompok masing-masing 4 orang.
2.
Pembahasan muteri yang diberikan guru.
3.
Penyimpulan.
4. Pelaporan.
12. STRUCTURED DYADIC MATHOD
Untuk Bahasa.
1. Dua
orang murid diberikan tugas bercakap-cakap tentang satu lopik bahasan.
2. Praktek
berbicara.
Semua model di atas bisa diakhiri
seperti TGT atau STAD melalui ,Pengenalan tim. Guru menunjukkan pada seluruh kelas tim
mana yang paling mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dan diberikan hadiah bila perlu.
Sudah menjadi tugas seorang guru untuk cerdas memilih metode yang paling tepat....Keberhasilan sebuah proses pemebelajaran sedikit banyak tergantung kepada metode yang diterapkan guru yang bersangkutan.....CERDAS MEMILIH DAN CERDAS MELANGKAH....Bravo Guru Indonesia !!!
ReplyDelete